Kamis, 27 Januari 2011

Fisika Visiku

Sebutir kelapa bermassa 0,5 kg jatuh dari pohonnya pada ketinggian 5 meter. Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2, besar energi kinetik kelapa saat mengenai tanah adalah...
Mikir.
Mikir.
Mikir.
Ini baru logika: Ngapain mikirin kelapa, sih? Kalo yang jatoh kepala baru gue pusing-pusing mikir.
Gyahahaha. Kadang-kadang gue mikir (bukannya mikirnya cuma kadang-kadang aja, ya) kenapa pelajaran yang bikin gue gandrung ini ngebahas masalah-masalah yang sebenernya malah gak penting buat dibahas. Bahkan di kelasnya sendiri aja gue sering intermezzo ke temen-temen yang kebetulan kerja bareng sama gue soal pikiran ngawur gue ini. Dan ternyata responnya 99% ngejawab, ‘oh iya, ya?! Gue sebenernya lagi ngerjain apa, sih?’. Cape deh.
Malah sebenernya asal mula gue FIL sama Fisika itu juga accident. Pas smp, gue bareng lima orang temen seangkatan gue ditawarin ikutan seleksi OSN. Parahnya waktu itu gue telat ngumpul, dan pelajaran Matematika (yang duluuu banget adalah pelajaran favorit gue) udah diambil sama temen gue. Daripada ngapalin Biologi *ketauan malesnya ato ribet-ribet belajar Astronomi yang dasarnya emang belom dipelajarin di smp, mending ikutan Fisika aja. Eh, taunya Dewi Durga lagi memayungi gue, tuh. Sampailah gue ke Makassar.
Oleh karena itulah, gue makin sayang sama tu pelajaran, bahkan sampe sekarang. Walopun tertatih-tatih, tanpa bimbingan, dan tanpa modal (gue jarang beli buku) gue memperdalam Fisika gue. Lumayan lah, didukung sama kondisi pembelajaran di sekolah yang kondusif (statement ini masih dipikirkan) gue dikit demi dikit mencapai apa yang gue inginkan. Apapun juga kalo punya spirit dan motivasi insya Allah bisa, kok. Yang gue butuhin adalah gimana caranya biar motivasi tetep ada dan semangat belajar gak kendor. Hmm... Se-freak-nya soal-soal Fisika, gue tetep love banget, deh ^^
Dan gue masih mikir, kenapa harus mikirin kelapa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar